Pentingnya Studi Kelayakan Bisnis Sebelum Memulai Investasi

DALAM memulai sebuah usaha baik itu dalam bidang manufacturer ataupun jasa hal yang wajib dilakukan adalah melakukan studi kelayakan bisnis atau biasa disebut Feasibility Study. Hal ini sangatlah penting karena dengan melakukan studi kelayakan bisnis (Feasibility Study), maka risiko-risiko bisnis yang mungkin terjadi di kemudian hari akan bisa ditanggulangi atau diminimalisasi.

Selain itu, dengan melakukan studi kelayakan bisnis (Feasibility Study), maka gambaran menyeluruh terhadap bisnis yang akan direncakan dapat dipetakan, apakah bisnis yang akan dijalani itu layak atau tidak, baik dilihat dari sisi prospek bisnis maupun kompetitor serupa. Juga apakah secara sistem manajemen baik keuangan, SDM dan manajemen pemasarannya sudah siap atau belum.

Jika semuanya sudah dirancang dan dipersiapkan sedemikian rupa, maka tentunya hal ini akan menjadi fondasi yang kuat dalam memulai bisnis dan tidak ragu dalam berinventasi di bisnis yang direncanakan.

Perlu diingat, bahwa berinvestasi tidak hanya melibatkan jumlah ataupun nilai uang saja, tetapi juga sumber daya atau resources lainnya, seperti Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam serta sarana dan prasarananya.

Dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang ini , sangat diperlukan perencanaan dan alokasi sumber daya tersebut agar lebih efektif dan efisien, sehingga investasi tidak akan sia-sia.

Sebelum melakukan investasi, sangat penting melakukan studi kelayakan karena studi kelayakan merupakan alat ukur manajemen yang sangat penting dan kritis untuk penentuan keputusan, perencanaan laba, dan keputusan pembiayaan/pendanaan.

Ada tiga tahapan penting yang harus dilakukan dalam Studi kelayakan Bisnis/Usaha (Feasibility Study) yaitu dengan melakukan:
1. Identifikasi
Calon Investor harus melakukan Pengamatan terhadap lingkungan untuk memperkirakan kesempatan dan ancaman usaha sehinga Investasi benar – benar tepat sasaran.

2. Penilaian
Calon Investor harus bisa melakukan analisa dan menilai dari beberapa aspek seperti:
a. Aspek Pasar, yang mencakup Jumlah permintaan, Penawaran, Besaran Harga, StrategiPemasaran, Perkiraan Penjualan serta market sharenya.

b. Aspek Keuangan, yang mencakup Dana Investasi, Proyeksi Keuangan, Sumber – sumber pembelanjaan, Perkiraan Penghasilan, perkiraan biaya, serta perkiraan rugi laba, dan lain-lain.

c. Aspek Ekonomi & Sosial , yang mencakup Dampak usaha / proyek terhadap Negara ataupun masyarakat, Ketenagakerjaan, Pengaruh Usaha terhadap usaha yang sudah ada / industri lain Serta aspek lain yang sifatnya social seperti dampak lingkungan, dan lain-lain.

d. Aspek hukum , yang Mencakup Bentuk Badan Hukum yang dipakai, Jaminan – Jaminan yang bisa disediakan jika ada sumber dana yang berasal dari pinjaman, Sertifikat, Akta serta Ijin – Ijin yang diperlukan.

3. Perumusan
Calon Investor harus bisa menterjemahkan kesempatan investasi kedalam suatu rencana usaha yang konkret.

Alasan Study kelayakan/Feasibility Study wajib dilakukan sebelum memulai usaha bisnis :
1. Memberikan arah yang jelas dan fokus terghadap rencana investasi
2. Dapat memberikan gambaran terhadap layak atau tidak bisnis itu dijalankan
3. Identifikasi awal resiko yang akan terjadi
4. Persedianya informasi yang akurat sesuai kondisi dilapangan bagi pengambil keputusan
5. Sebagai bahan penarik para investor, dan sebagainya.

Study kelayakan bisnis/Feasibility Study merupakan langkah penting dalam membangun/memulai usaha dan berinventasi. Jika Feasibility Study dilaksanakan secara tepat pasti akan memberikan hasil investasi yang memuaskan sesuai yang diharapkan.

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

7 Responses

  1. Halo, saya Mrs.Clara, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Claraloans@financier.com
    Customer Care: +447045730449

  2. Semua pemberi pinjaman kredit Anda adalah pendusta. Bagaimana mungkin bisa asli perusahaan pinjaman menawarkan pinjaman murah seperti tingkat bunga 3%. Apakah ini realistis? Siapapun yang datang ke sini untuk percaya cerita-cerita palsu akan menjadi bodoh terbesar di bumi. Persentase terendah sebuah perusahaan pinjaman asli akan menawarkan adalah antara tingkat bunga 7 sampai 15 persen. Saya pemilik perusahaan dan saya mendapatkan pinjaman di masa lalu dari perusahaan pinjaman online asli dan saya tidak memiliki kesulitan dalam mendapatkan pinjaman dari mereka. Ini adalah satu-satunya tempat saya akan ingin merekomendasikan untuk orang yang mencari tempat asli untuk mendapatkan pinjaman. Email mereka (islamiccreditunion@gmail.com) Saya sadar mereka memberikan keluar akhir paket pinjaman tahun sekarang pada tingkat bunga yang berkurang. Jadi terburu-buru dan menghubungi mereka sekarang untuk mendapatkan keuntungan dari paket ini jika Anda membutuhkan pinjaman dan abaikan sekelompok ini penipuan yang mengaku sebagai pemberi pinjaman pinjaman.

  3. Halo,

    Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi,
    pinjaman hipotek, kredit mobil, pinjaman
    pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi, tidak aman
    jaminan, modal ventura, dll … Atau hanya menolak
    pinjaman dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan?
    Anda adalah solusi sempurna untuk kredit! Kita
    pemberi pinjaman swasta, kami menawarkan pinjaman untuk bisnis dan individu dengan
    suku bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Jadi jika Anda
    tertarik pinjaman cepat dan mudah. e-mail
    Hubungi: kellyfoxfinance@gmail.com

               Data pribadi
              __________________

    NAMA: …………….

    USIA: ……………..

    SEKS:……………….

    STATUS PERNIKAHAN: ………………..

    KONTAK NOMOR TELEPON: …………….

    ALAMAT: ………………….

    KOTA: ……………….

    NEGARA: ………………..

    NEGARA: ……………….

    KODE POS: …………………

    PEKERJAAN: …………………..

    GAJI PERBULAN: ………………..

    JUMLAH DIPERLUKAN: ………………….

    LENGKAP DETAIL BANK: ………………..

    SAAT DIBUTUHKAN: …………………….

    PINJAMAN TUJUAN: ……………………

    BANGKRUT ATAU TIDAK: ……………………..

    PELUNASAN DURASI: …………………..

          Kami sedang menunggu balasan ringkas e-mail

          Salam,
          Peningkatan mr Kelly Fox

  4. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Aku Mr Marris, pemberi pinjaman, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini di (marrisjames12@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini

  5. Hello, We are offering loans at 2% interest rates to all clients irrespective of location. For more inquiries on our funding programme. Contact us today via mail: karimfinance1@outlook.com

  6. Kami mampu memberikan pinjaman
    bertindak tarif murah untuk individu dan
    anggota masyarakat yang membutuhkan
    dana untuk melunasi tagihan, kami
    menawarkan pinjaman yang cukup besar
    bahwa Anda dapat mengandalkan
    on.missani005@gmail.com atau
    WhatsApp kami di 2349033874975 Untuk
    email kami aplikasi pinjaman Anda
    melalui gmail. Tertarik pelamar
    peminjam mengisi formulir di bawah
    PEMINJAM INFORMASI * * Nama
    lengkap: …………………. * SEX * …… ….
    ………………. * Negara……………………. . *
    Negara: ………………………. * Tanah:
    ……………. ………….. * nomor telepon:
    …………. * Telepon: ……………. ………. *
    Jumlah yang dibutuhkan sebagai
    pinjaman: ………. * Durasi Pinjaman:
    ……………… * Tahunan Pendapatan:
    ……………… * Garansi: ……………… *
    Pembayaran: Terima kasih bulanan atau
    tahunan dan Tuhan memberkati
    MEMPERHATIKAN ANI kita cenderung
    untuk melayani Anda lebih baik

  7. INFORMASI PENTING !!!! BACALAH !!!!

    Halo teman-teman, saya di sini untuk berbagi beberapa informasi penting tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari sebuah organisasi pinjaman Islam yang berbasis di Italia pekan lalu sehingga orang saya di Indonesia yang mungkin membutuhkan pinjaman tahun baru ini 2016 untuk memulai bisnis atau melakukan lainnya hal dapat menemukan tempat yang dapat diandalkan untuk mendapatkan pinjaman, Sebenarnya, saya tidak pernah percaya bahwa saya bisa mendapatkan pinjaman dari setiap online atau internet pemberi pinjaman karena saya selalu berpikir mereka semua penipuan. Tapi cerita berubah dua minggu lalu ketika seorang teman bercerita tentang bagaimana dia mendapat pinjaman usaha dari mereka. Bahkan ketika saya merasa sulit untuk percaya, tapi aku berkata pada diriku sendiri aku harus mencoba dan melihat apa yang akan terjadi dan saya mendaftar untuk pinjaman sebesar $ 70,000 USD. Saya menghubungi mereka. Saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan saya menerima pinjaman setelah 3 hari. Satu hal yang saya suka tentang mereka adalah bahwa semua proses mereka sederhana dan jelas. Tidak ada biaya tersembunyi. Tidak ada jaminan yang diperlukan dari saya karena saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Staf mereka adalah orang-orang yang memiliki rasa takut akan Tuhan. Jadi, saudara-saudara saya di rumah dan di luar negeri, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk saran Anda untuk menghubungi mereka segera melalui email di (islamiccreditunion@gmail.com) dan salah satu staf mereka akan segera merespon Anda. Silakan berbagi informasi ini sehingga orang lain dapat mengetahui tentang mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dari saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari mereka, jangan ragu untuk menghubungi saya di email pribadi saya melalui herman228811@gmail.com Semoga Mahakuasa Allah memberkati tahun baru ini untuk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*