Harga Lahan di Bali Tidak Masuk Akal, Investor Pikir-pikir

MAPPI Jatim – Harga lahan di Bali saat ini dinilai tidak masuk akal, atau sudah terlalu tinggi. Hal ini membuat banyak investor asing melakukan aksi tunggu sebelum menanamkan modalnya ke bisnis hotel di Bali.

Technical Advisor Hotel Sector JLL Indonesia, Daniel Miller mengatakan, harga jual lahan di Bali yang diperuntukkan sebagai hotel berada di angka Rp10 juta sampai Rp30 juta per meter persegi. Angka itu jauh di luar ekspektasi investor.

“Harga di daerah tepi pantai paling rendah di angka Rp30 juta per meter persegi. Melihat hal itu, meski banyak peminat tetapi realisasinya bisa dikatakan tidak atau belum ada. Karena harga,” kata Daniel, beberapa waktu lalu.

Daniel menambahkan, tantangan harga itu diperparah dengan hambatan infrastruktur yang belum dikembangkan dengan baik. “Harga setinggi itu belum didukung oleh infrastruktur yang cukup matang,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPD REI Bali, I Made Sudhana Yasa mengatakan, saat ini sudah sangat susah mencari lahan untuk hunian murah. Kalau pun ada, kapasitas lahan hanya dapat dikembangkan untuk hunian dengan luas 70/130 meter persegi.

“Hunian tersebut bisa kami jual dengan harga rerata Rp 1,5 miliar. Sekarang rumah tipe 70/130 sangat diincar pasar. Sedangkan rumah 45/100 sudah tidak diproduksi pengembang. Adapun rumah subsidi dibangun secara konsorsium di daerah-daerah pelosok,” papar Sudhana.

Sulitnya mendapatkan lahan kosong dengan harga kompetitif di Bali, kata Sudhana, sudah terjadi selama satu dekade terakhir. “Kami berebutan untuk mendapatkan lahan. Tidak hanya sesama pengembang lokal, melainkan juga berebut dengan investor nasional dan asing,” tandas Sudhana.

Sudhana menambahkan, bahkan lahan seluas 6 are atau 8 are pun tidak akan dibiarkan kosong dan idle. Para investor memanfaatkannya untuk membangun private villa satu atau lima unit, atau bisa juga membangun hotel murah meriah (budget hotel).

Walhasil, merujuk pada data Badan Pusat Statistik Nasional, hingga 2016 mendatang, Pulau Para Dewa ini akan dipenuhi 67 hotel baru dengan kamar sebanyak 12.226 unit. Hotel segmen C atau bintang 3 menguasai pipeline sebanyak 40 persen.

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

8 Responses

  1. di bali barat tanah masih murah,yg minat harga msih 7 jt-20jt per are/100m2
    minat hub sy.087861214615
    trims..

  2. invest tanah di bali brt di daerah jembrana,pasti untung,krn lahan masih murah.pin.59af1ee3

  3. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  4. I always spent my half an hour to read this web site’s articles or reviews daily along with a mug of coffee.

  5. I used to be able to find good info from your blog posts.

  6. Wow that was odd. I just wrote an really long
    comment but after I clicked submit my comment didn’t show up.
    Grrrr… well I’m not writing all that over again.
    Regardless, just wanted to say excellent blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*